Tips Sederhana Mengelola Keuangan Usaha Kecil

tip mengelola labaAda banyak pilihan jenis usaha yang bisa kita jalankan dan apapun yang menjadi pilihan kita harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya untuk mendapat hasil yang maksimal. Kita juga harus bisa menjalin relasi bisnis dengan pihak-pihak lain termasuk dengan rekanan bisnis. Di atas itu semua salah satu kunci keberhasilan bisnis terleak pada cara kita Mengelola keuangan usaha karena disitulah kita mengatur alur uang secara efektif dan efisien untuk kelancaran usaha.

Memang kesalahan pada pengelolaan keuangan usaha bisa sangat berdampak fatal bagi usaha itu sendiri. Cara sederhana dalam Mengelola keuangan usaha dapat dimulai dengan menerapkan keuangan terpisah antara kuangan pribadi dan bisnis supaya pengelolaan keuangan untuk kedua kepentingan tersebut dapat mudah untuk dimonitor dan dikendalikan. Hal ini juga harus diikuti dengan membuat breakdown anggaran baik itu untuk masing-masing pos kebutuhan baik pribadi maupun kebutuhan bisnis. Misalnya kita menganggarkan sekian ratus ribu untuk listrik, sewa tempat, makan minum karyawan dan sebagainya. Tentu saja pos anggaran tersebut diupayaan untuk terus dijaga agar tidak jebol.

Hal itu bisa kita lakukan dengan melakukan kontrol dan pencatatan pada setiap pemasukan dan pengeluaran. Mencatat pemasukan pada umumnya lebih mudah karena bisa dibuat berdasarkan nota pembayaran tetapi prakteknya dalam Mengelola keuangan usaha banyak yang sering lupa untuk tidak mencatat detil pengeluaran padahal pengeluaran sekecil apapun apabila tidak tercatat sangat berpengaruh pada neraca keuangan.