Bisnis = Fokus

thebillionaire4Sering saya membaca ulang  tulisan saya tentang film “The Billionare” (  lezat nya Tao kae Noi ) meskipun ada beberapa yang bilang film ini begitu lebay.. Tapi inilah Film yang banyak memberikan banyak pelajaran buat saya.

Paling tidak, kisah perjuangan  Aitthipat “Tob” Peeradechapan  ini sudah banyak memberikan inspirasi bagi para anak muda yang mau menjadi entrepreneur. Memang sih, Tak banyak yang mengenal namanya, tapi orang pasti tau produknya  “Tao Kae Noi” yang ia rintis sejak bertahun-tahun lalu dengan mengorbankan masa remajanya. Yang saat ini sudah bisa kita temukan dihampir semua modern market  & convenience store di seluruh Indonesia.  Di usia nya yang masih belia, pengusaha muda asal Thailand ini sudah merasakan bagaimana kerasnya dunia bisnis.

Sadar bahwa segala sesuatu itu perlu di kerjakan dengan sepenuh hati dan FOKUS, dia pun membuat keputusan yang sangat di tentang oleh keluarga nya,  drop out dari kampus tempat ia menimba ilmu. Tob, demikian sapaan akrab Ittipat, sudah membulatkan tekad  untuk FOKUSdan mencurahkan segala tenaga, pikiran serta waktu untuk demi impian nya menjadi seorang Pengusaha. Dan akhir nya memang keputusan itulah yang  terbukti sudah mengubah seluruh kehidupannya.

Tob sadar bahwa dirinya tidak lagi tertarik dan tidak lagi memiliki minat untuk terus berada di dunia akademik. Semua itu Membosankan..!!!

Bisnis  buat dia jauh lebih asyik, jauh lebih menarik dan jauh lebih menantang dibandingkan hanya duduk di bangku ruang kelas, mendengar, mencatat dan mengerjakan berbagai tugas dari dosennya. Bisnis sudah “menyeretnya” ke jalan hidup yang buat dia sangat menyenangkan, meski disana banyak tantangan dan kendala.  “Pelaut Ulung memang tidak akan lahir dari laut yang tenang”,

“Saya awalnya merasa malu saat harus memberitahu teman-teman bahwa saya akan drop out ‘cuma’ untuk berjualan makanan chestnut,” tuturnya dalam sebuah tulisan biografi yang ditulis seorang sahabatnya setelah kemunculan film “The Billionaire” yang disusun dari kisah nyata Tob di masa lalu.

Semua itu  sudah menciptakan dan melahirkan sebuah Kebanggaan.  Bangga itu karena ia sebagai seorang pemuda sudah mampu mencapai ‘prestasi’ yang belum banyak diraih orang seumurnya: kemerdekaan keuangan.

Tob bangga dan sepenuhnya menerima segala konsekuensi atas keputusannya untuk mencampakkan pendidikan tinggi demi FOKUS berbisnis. FOKUS, itulah yang ada dalam  benak anak muda hebat ini. Dan memang FOKUS lah yang mengantar Tob menuju titik berpijaknya sekarang.

Berkat FOKUS ini juga lah hanya dalam waktu 2 minggu saya berhasil membuat formula  yang melahirkan 24 varian rasa yang siap saya luncurkan, diantaranya : japanese matcha green tea latte, Green tea cappuccino latte, chocomint, lychee tea latte, Choconut, dll.

Mudah-mudahan hasil karya saya ini bisa pas di lidah masyarakat Indonesia dan konsep bisnis yang akan usung nanti bisa menciptakan lagi pengusaha-pengusaha Baru.  pokoknya Konsepnya  JADI PENGUSAHA ITU MUDAH & GAK PERLU MODAL BANYAK,, yang penting semangat, ketekunan, dan FOKUS

Mau tau itu apa..?? Tunggu aja tanggal mainnya ya….

 

Depok, 14 Oktober 2013 ; 08.00