Mengelola Bisnis bareng Istri

bisnis_barang_istriSelama 4 bulan menjadi Nakhoda sendiri di semerbakcoffee karena salah 1 Founder/owner nya Resmi mengundurkan diri dari Management semerbakcoffee beberapa bulan yang lalu,  ternyata benar-benar membawa banyak pelajaran yang saya dapatkan .

Salah 1 nya adalah Karena dari situ pula lah saya baru mengetahui bahwa ternyata istri saya punya “kemampuan” tersembunyi yang benar-benar tidak saya duga sebelumnya.  Sudah 4 bulan ini istri saya membantu saya untuk  mengelola bisnis semerbakcoffeekhususnya di SDM dan Keuangan, sesuai dengan background dan pengalaman nya saat masih bekerja dulu di salah satu anak perusahaan milik Taipan Harry Tanoe S.

Semua yang di lakukan oleh istri saya untuk semerbakcoffee itu 1000% Ikhlas dan demi kemajuan semerbakcoffee bahkan untuk itu semua dia sepeserpun tidak menerima imbalan alias gaji. he.he.he.he… ini beneran lhoo…

Dan Alhamdulillah,berkat “sentuhan” dan pendekatan yang memang jauh berbeda dengan yang pernah saya lakukan terhadap para karyawan, Hasilnya memang ternyata semua karyawan lebih bisa  “Nurut” dan mereka lebih merasa “Nyaman”.

Memang  ini membutuhkan kekompakan dan kemauan untuk saling memahami. Karena bila ego masing-masing pribadi kami yang ditonjolkan, maka yang berada dalam ambang perpecahan bukan hanya bisnis saja, namun bisa merembet ke hubungan keluarga.  Mudah-mudah saja kami bisa terus menjaga ini….

Saya dan istri pun sadar bahwa kami harus bisa memilah dengan baik, mana ranah tempat kerja dan mana pula area keluarga. Sehingga masalah-masalah dari tempat kerja tidak merembet masuk atau terbawa yang bisa mengganggu keharmonisan kehidupan keluarga kami.

Dan memang di awal memulai istri saya masuk ke management semerbakcoffee sebagai komisaris sekaligus  menghandle SDM dan Keuangan ( Meski Tidak Digaji ) ,  saya dan dia  harus membicarakan dari awal tentang posisi dan peran masing-masing, sehingga tidak ada rasa saling cemburu maupun keterpaksaan dalam menjalankan perannya masing-masing.

Dan Alhamdulillah, sampai saat ini semua berjalan di luar dugaan, Istri saya menikmati pekerjaannya sekarang dan  Karyawan pun merasa semakin nyaman…

Jadi, jangan pernah menyepelekan kemampuan istri kita…

Depok, 13 Oct 2013 ; 08.12