Pilih dimana..?

Segaaaar....

Segaaaar….

Masih soal Mudik Hari Raya Idul Fitri 2013….

1 minggu mudik dengan berkeliling ke beberapa kota, cukup membuat saya banyak mendapatkan kesan, disamping tentunya mengamati peluang yang ada dan bisa di kembangkan di daerah yang saya kunjungi…

Ada 1 pertanyaan sangat menggeletik hati saya adalah , “enakan dimana, di kota besar atau di desa..??”

Pertanyaan sederhana dan ringan tapi susah buat di jawab…

Tentu saja kita bisa membandingkan perbedaan kota dan desa, kekurangan dan kelebihannya…. Saya yakin setiap orang mungkin memiliki perpsepsi yang berbeda2….

Tapi inilah yang saya rasakan :

1. Kota
– banyak lapangan kerja, tapi pencari kerja juga banyak jadi sama saja……
– perputaran uang sangat tinggi, artinya kita mudah mendapatkan uang tetapi kita juga sangat mudah kehilangan uang (untuk kebutuhan hidup) jadi sama saja dong ya ?
– fasilitas, akses lebih banyak… tetapi menimbulkan antrian, kemacetan dan polusi…….

– Peluang bisnis lebih terbuka lebar

2. Desa
– sedikit lapangan kerja, tetapi kita bisa berwirausaha….. kita yang akan membuat lapangan kerja, bukan mencari lapangan kerja….
– perputaran uang lebih rendah, dimana kita bisa mendapatkan sedikit uang tetapi kita juga akan sedikit mengeluarkan uang (untuk kebutuhan hidup)
– fasilitas, akses, lebih sedikit…..  tetapi tidak padat sehingga tidak menimbulkan kemacetan dan polusi……

Jadi kalau boleh pilih  saya mau  “hidup di desa tetapi dengan penghasilan dan fasilitas seperti di kota”  he.he.he.he…

gimana dengan Anda..??