Menjadi Salesman, sebuah langkah Awal ( 2 )

salesman

Setelah masuk dan merasakan dunia baru saya, dunia sales marketing ternyata saya menemukan banyak hal yang sangat positif. Paling tidak ini menurut saya lhoo…

Yang pertama sekali adalah , Jika Kita mendapatkan dan menyukai dunia sales dan marketing  , kita tidak akan pernah kehilangan pekerjaan.  Sekali kita menjadi penjual yang baik, kita akan selalu bisa menjual dengan baik. Produk bisa berganti, tetapi kita tetap bisa menjual.

Dalam banyak obrolan dengan para salesman, Saya justru menemukan bahwa Salesman adalah satu dari sedikit profesi yang punya privilege untuk terus berpindah kerja mendapatkan yang lebih baik.  Terus-terang saja, tidak semua bidang profesi bisa menikmati hal ini.  Mengapa terjadi demikian, karena profesi salesman ditakdirkan berada pada posisi tawar yang baik.

Seorang Salesman, menyatakan pada Saya bahwa ia bisa dengan asyiknya berpindah di antara beberapa merek pakaian terkenal (tergantung yang memberi sistem terbaik) karena ia kompetensinya terbukti dan relasi yang luas.

Yang kedua,  posisi Salesman membuat saya mampu mengembangkan jaringan kontak (networking) yang luar biasa.  Membawa saya menemukan peluang lain yang luar biasa. Karena Anda bertemu dengan orang baru setiap harinya. Karena saya punya akses bertemu orang dengan jabatan-jabatan puncak di kantornya.

Keunikan ketiga, dengan berkarier sebagai penjual,  saya  punya waktu cepat mengembangkan kematangan kepribadian Saya.  Saya di paksa  membaca banyak buku tentang kepribadian.

Saya bisa mengobrol dengan enak pada siapa pun, karena Anda tahu betul bagaimana memulai, memproses dan mengakhiri obrolan dengan baik. Dan hal ini tidak saya dapatkan saat saya bekerja di bagian Accounting.

Dunia sales adalah dunia di mana saya bisa dengan cepat memahami perilaku bisnis dan manusia pengelola bisnisnya.  Sales memungkinkan seseorang mengerti dengan cepat seluk-beluk berhubungan dengan orang lain secara efektif , yang merupakan hal yang sangat dibutuhkan orang untuk sukses.

Tentu banyak lagi yang saya dapat kan dari Dunia Sales ini, selain yang tadi saya tulis… karena dari sana pula saya  bisa belajar semua yang berhubungan dengan Marketing.

Dan semua ilmu itu saya dapatkan Gratis tis tis tis…bahkan saya dibayar  pula…..

Anda Berani..??

 

Depok, 5 Maret 2013