Belum Terlambat

pensiunTgl 19 Februari 2013 kemarin saya mengisi seminar untuk para karyawan PT Chevron Indonesa yang memasuki  MPP ( Masa Persiapan pensiun ) di Hotel Aston Bogor.

Awalnya mereka bilang,  Rasanya memang bahagia, setelah kita sudah tahu bahwa kita pensiun dengan dapat uang pensiunan. Apalagi kalau uang pensiunan kita itu gede jumlahnya. Singkatnya, tidak bekerja pun kita dapat duit. Kita tinggal ambil bunga dari deposito yang kita miliki di bank.

Tapi, saya yakin,  pensiun itu enaknya hanya tiga bulan. Mengapa?  Masa “Bulan Madu” dengan uang pensiun hanya sementara – Tidak ada pesta yang tidak berakhir.  Pada awalnya memang pikirnya, duit adalah segala-galanya. Tapi  Setelah itu , mereka menjadi stres. karena nggak ada kegiatan dan waktunya habis dirumah untuk bersantai ria. Padahal, sebelumnya mereka terbiasa bekerja. Akibatnya setelah pensiun pikirannya jadi sumpek, jenuh, dan stres.

Kenapa perusahaan ini baru mempersiapkan mereka di saat 1 atau 2 tahun mereka mau memasuki masa pensiun..? apa yang mereka dapat dalam masa itu..?  dan setelah saya tanya, hampir semua peserta mengatakan bingung mau apa..kfc

Tapi,  tidak ada kata terlambat untuk memulai , tidak ada kata tua untuk belajar…

Lihatlah semangat wirausaha Kolonel Sanders, yang di saat di usia 62 tahun dia nekad buka usaha Kentucky Freid Chicken. Artinya faktor usia itu bukanlah menjadikan masalah bagi kita untuk belajar memulai usaha.

Usia bukanlah menjadi penghalang untuk menjadi lebih sukses, sekalipun sebelumnya kita sudah banyak pengalaman menjadi karyawan atau sebagai profesional. Pendeknya, para pensiun belum terlambat untuk mulai usaha.

 

Depok, 2 Maret 2013