Pengorbanan Istri & Anak ku yang Terlupakan

my familyThere always the tough woman behind a great man , rasanya kita tidak asing dengan quotes ini, bahwa selalu ada wanita tangguh dibalik kehebatan seorang pria. Bagi pria yang sudah memiliki pasangan hidup sosok wanita yang menonjol dan menjadi penentu kesuksesannya adalah wanita yang ada disampingnya (baca istri*).

Menjadi wanita tangguh bagi pasangan itu gampang-gampang susah, karena harus  siap menerima dalam situasi dan kondisi apapun. Seorang wanita harus siap menjadi motivator saat pasangannya dalam keadaan jatuh dan terpuruk. Saat seorang pria jenuh dengan segala rutinitas kerja, seorang wanita harus bisa menjadi sosok penghibur untuk kembali membuatnya bersemangat, ketika pria sedang membutuhkan pundak untuk bersandar maka wanitapun harus siap memberikan bahunya untuk pasangannya. Selain itu seorang wanita juga harus siap saat dimintai pendapat atau solusi untuk memecahkan suatu masalah, atau menjadi teman diskusi yang baik.

Seorang pria membutuhkan wanita yang mengerti akan kesibukannya, memahami karakter pribadinya, sabar, serta tidak menuntut apalagi menekan untuk meminta perhatiannya. Dan disinilah seorang wanita diuji, apakah ia mampu menjadi seorang wanita tangguh  untuk mendampingi pasangannya.

Itupula yang terjadi dengan istri tercinta saya…

Semua orang mengetahui bahwa Semerbakcoffee dibangun dan dibesarkan oleh 2 orang lelaki ; saya dan rekan saya muadzin f jihad. Padahal di balik sana, ada sosok  istri yang juga begitu sangat berperan besar dalam membesarkan Semerbakcoffee

Masih jelas terbayang dalam ingatan saya, pada saat awal Semerbakcoffee berdiri dan masih menggunakan kemasan kopi / metalized polos, tanpa tulisan ataupun logo, karena memang saat itu belum mampu untuk membuat kemasan metalized yang tercetak, istri  sampai anak-anak saya dipaksa berjibaku untuk menempelkan label rasa di tiap tiap kemasan, yang jumlah nya setiap malam nya bisa mencapai 7.000 sachet. Belum lagi, Setelah proses “pelabelan” selesai,  kami harus kembali mengemas nya dalam seubah plastik, dengan isi 10 sachet / rasa. Proses ini cukup membuat pinggang ini merasa pegal yang luar biasa.

Hampir setiap malam istri dan anak-anak, saya paksa “melek” sampai jam 1 atau jam 2 malam untuk menyelesaikan pekerjaan itu semua. Dan membuat hampir separuh rumah saya penuh dengan kantong plastik berisikan ribuan kopi aneka rasa.

Memang hal ini tidak banyak di ketahui oleh orang. Karena semua hanya melihat ujung kesuksesan yang ada pada Semerbakcoffee. Padahal di balik itu semua ada sosok seorang istri dan anak-anak saya yang juga ikut mengambil peran dalam proses kesuksesan Kami di Semerbakcoffee.

Memang, There always the tough woman behind a great man ,

tapi buat saya adalah : 

There always the tough woman and Children behind a great man

 

Depok, 1 Maret 2013