Low Budget High Impact

celloti1Berawal dari pengalaman saat saya masih ikut berbisnis baju Blazer “Celloti” di pasar pagi mangga 2 jakarta yang sering mensupport pakaian untuk para pembawa acara News  di beberapa TV Nasional. Meski saat itu merk “Celloti” bukan 100% milik saya,melainkan milik  kawan saya semasa kuliah dulu. Tapi dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan, akhirnya ada kebanggaan saat saya bisa menjadikan sebuah merk yang tadinya tidak di kenal orang menjadi terkenal bahkan sempat menjadi Bench mark untuk produk Blazer . meski akhir nya saya harus  “dilempar” dari bisnis itu, habis manis sepah dibuang, begitu kata orang.. tapi saya tetap ikhlas, karena saya cukup banyak belajar mengenai segalanya tentang bisnis , termasuk promosi, yang LOW BUDGET HIGH IMPACT.

Belajar dari pengalaman2 itu lah kemudian saya coba gali  kembali di SemerbakCoffee. Pada saat melihat akhir dari sebuah sinetron di salah satu stasiun TV Nasional, terlihat sebuah merk Baju yang buat sangat tidak asing, yaitu UKHTI  dgn tag line nya UKHTI the perfect choice.

Dari situ, bangkit lah kembali naluri saya yang dari dulu memang suka mencoba segala sesuatu yang baru. Kemudian saya coba cari info melalui pemilik merk tersebut yang  juga menjadi mentor saya di KMB komunitas Tangan  di atas wilayah Depok. Akhirnya dapatlah Contact Person dari Rumah produksi yang memproduksi semua sinetron yang di putar di salah satu TV nasional itu.

Beberapa hari kemudian, saya berhasil menemui salah 1 personil Rumah Produksi tersebut. Tanpa banyak negosiasi dan waktu,saya langsung membuat keputusan akan mensupport Sinetron2 tersebut.  Dan setelah menunggu hampir 2 minggu, akhirnya sampai pula keputusan dari BIG BOSS Rumah Produksi itu yang menyetujui SemerbakCoffee untuk jadi salah satu bagian di sinetron2 mereka.

Alhamdulillah… ini merupakan  suatu keberkahan yang luar biasa.

Padahal sebelum ini banyak sekali produk sejenis, maksudnya kopi merk-merk besar yang sudah sering iklan di TV ingin masuk ke program ini dan BIG BOSS  PH ini selalu menolak dengan berbagai alasan.  Tapi kenapa SemerbakCoffee begitu mudah masuk dan Si BIG BOSS begitu cepat mengambil keputusan untuk menyetujui nya.?

Biarlah itu menjadi Rahasia TUHAN…..

Yang lebih mengagetkan lagi, pihak Rumah Produksi langsung menyetujui  semua persyaratan dan klausul yang kami ajukan di MOU…dan akhirnya kami bisa mendapatkan spot banner di akhir sesi di 3 sinetron sekaligus…semua di prime time. Ditambah Bonus, Automatic Coffee Vending machine SemerbakCoffee di tempatkan di ruangan pengambilan Honor, dimana setiap hari selasa dan kamis semua pemain yg terlibat dalam sinetron2 itu datang untuk mengambil honor mereka.

Effeknya..?? pasti sangat dahsyat… mereka yang belum pernah mengenal Semerbakcoffee pasti penasaran dan pasti mencoba kenikmatan nya. Dan dari sini , strategy Word of Mouth yang selalu kami lakukan saya harapkan akan terus bergulir…

???????????????????????????????

Semerbakcoffee_disinetron_cinta_7susun

YMYBC Billboard Horizontal-phat

Mau tau budget kami untuk ini semua..???

Kasih tau gak yaaaaa….????

Yang pasti budget promo itu jauh lebih kecil dari biaya pemasangan iklan baris di sebuah koran lokal sekalipun…. Gak percaya..??

Inilah LOW BUDGET HIGH IMPACT…….

Karena buat saya, sebagai UKM maka di butuhkan kejelian seseorang dalam memilih program-program promosi yang berbiaya rendah dalam konteks cost.

Konteks cost ini menjadi acuan utama. Beberapa point disini adalah memanfaatkan media sosial untuk berpromosi, mendesain setiap aktivitas setiap hari, gabung dengan asosiasi dan lain-lain. disamping itu, sebagai UKM yang tidak memiliki banyak dana promosi,  kita harus pandai-pandai bernegosiasi dan cermat melihat celah.

High impact ini adalah berhubungan dengan dampak pada target yang akan dicapai dalam program promosi tersebut, sebaran konsumen yang melihat, membaca, mendengar program promosi kita adalah yang penting untuk dievaluasi.

Kalau saya bisa , Anda juga pasti bisa…..

Depok, 1 Maret 2013