Change, Yuk Berubah….!!!

Rumah Perubahan Rhenald Kasali

Rumah Perubahan Rhenald Kasali di kawasan JatiMurni Bekasi

Hari Sabtu, 21 April 2012 saya di undang oleh Pak Harmanto, suami Ibu  NingHarmanto ( Ratu Herbal Indonesia ) untuk ikut dalam pertemuan dengan seseorang yang begitu sangat saya kagumi yaitu Rhenald Kasali Phd di Rumah Perubahan miliknya di bilangan jatimurni bekasi. Dan ternyata disana juga berkumpul para petinggi Tangandiatas. Dan jadilah ini sebagai pertemuan yang sangat luar biasa.

Diawal, acara ini sebenarnya adalah kegiatan rutin dari AKSI ( Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia ) yang digagas oleh Masa Yo’ dan pak Rhenald Kasali, dan beranggotakan para Mahasiswa-i yang bertindak sbg sukarelawan-wati untuk terus membantu saudara-saudara kita yang tertinggal.

Di acara ini juga ada “Sang Jawara” Bang Idin, yang merupakan tokoh fenomenal, yang berjalan kaki dan melakukan penghijaun selama 5 hari 5 malam menyusuri kali pesanggarahan mulai dari gunung Pangrango sampai ke muara kapuk. Dan karena “perbuatan”  itulah beliau sekarang di kenal di banyak negara dan banyak menerima penghargaan dari berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.

Stelah acara kegiatan AKSI ini selesai, agar bisa diskusi lebih santai lagi, kemudian kami dibawa olah pak Rhenald Kasali ke ruang tamu di Rumah Perubahan yang cukup besar.

Diskusi santai antara Tangan Diatas dgn Rhenal Kasali di Rumah Perubahan

Diskusi santai antara Tangan Diatas dgn Rhenal Kasali di Rumah Perubahan

Dalam diskusi ini banyak sekali ide dan pemikiran yang nampaknya bakal menjadi titik Perubahan di komunitas Tangandiatas ke depannya atau bahkan mulai hari ini.

Entah kebetulan atau tidak, semua pemikiran pak Rhenald Kasali saat itu juga dengan latar belakang dibentuk nya AKSI,  begitu pas dengan keresahan kami beberapa hari ini.

Banyak pebisnis UKM di antara kami yang saling bersaing bahkan saling  “membantai”. kemudian membuat bisnis “me too”, melakukan ATP ( Amati Tiru Plek ), berbisnis hanya mengikuti Trend, dan lain lain, yang memang ujung tujuannya hanya untuk jangka pendek : memperkaya diri dalam waktu singkat.

Jika keadaanya sudah demikian, siapa yang diuntungkan..?? tidak lain dan tidak bukan adalah para “Giant” atau para “Raksasa” yang selama ini terus memantau setiap gerak gerik pebisnis kecil untuk kemudian mengambil keuntungan dari keadaan ini.

Pak Rhenald Kasali menyarankan, kenapa kita semua tidak bersatu..? kenapa kita semua tidak saling melengkapi.? tidak egois dantidak memikirkan tujuan pendek  yang hanya sesaat, untuk kemudian “tersendat di Tanjakan”..? kenapa kita harus membantai kawan kita sendiri..?.

Mungkin inilah jawaban dari salah satu email dari pak Rosihan, di millis Komunitas TanganDiatas hari kamis yang lalu. mungkin inilah juga satu jawaban dari keresahan kami yang bingung bagaimana cara untuk menghadapi para “Giant” yang sudah mulai memasuki pasar bisnis kami.

Mari kita Singkirkan ego, singkirkan idealisme semu…. Mari kita harus bersatu, Mari kita  saling menghidupi dan saling melengkapi bukan saling mematikan bahkan saling menghabisi…Karena hanya dengan itulah kita bisa menghadapi si “Giant” yang kian rakus.

Dan Kami di Semerbakcoffeepun melakukan Aksi Cepat Tanggap. Kami  langsung

Semerbakcoffee-Mahkota Dewa Indonesia

Dari Pertemuan inilah lahir kerja sama Semerbakcoffee dan Mahkota Dewa Indonesia

bergandengantangan dan bekerja sama dengan dengan Mahkota Dewa Indonesia nya Ibu Ning Harmanto untuk membuat beberapa produk yang salah satu nanti nya akan menjadi yang pertama di Indonesia.

Karena kami sangat sadar, hanya dengan kerja sama inilah, kami bisa melawan kerakusan si “Giant”….

Terima kasih pak Rhenald Kasali , Terima kasih atas semua nya kemarin..buat saya inilah hari sabtu yang sangat luar biasa….Bisa bertemu, berjabat tangan bahkan berdiskusi santai dengan pak Rhenald Kasali di suasana yang sangat hijau alami…

Nice Day, Nice Guy, Nice Place, Nice Discussing ……Very Amazing.!!!

Nah sekarang Bagaimana dengan Anda..? apakah Anda sadar bahwa si “Giant” selalu memantau setiap pergerakan bisnis Anda dan siap menerkam Anda kapan pun juga…..???

Depok, 21 April 2012 – 07:53