Biarkan dia Berbisnis…..

Hari jumat Malam, tgl 2 maret 2012 lalu,saya mengajak diskusi ke 2 anak saya,M. Reza Arizaldi EP kelas 2 SMU, dan Kiki kelas 6 SD. Diskusi itu saya awali dengan mengajukan pertanyaan, ” Apa cita-cita kalian..?” dengan cepat dan lugas mereka menjawab  “PENGUSAHA, pa…”.

Ada perasaan takjub, senang dan bangga mendengar jawaban yang keluar dari bibir mereka, dan biasanya perkataan yang di jawab dengan spontan, itu lah kejujuran yang sebenarnya. Kemudian saya tanya lagi, “Mau jadi pengusaha apa..??”  barulah jawaban mereka berbeda… Reza, si sulung, menjawab ” Reza suka photography dan design dan  sekarang Reza suka koleksi kaos distro” , “Terus apa rencana kamu…?” tanya saya. dijawab ” Reza mau belajar photo dan design untuk bekal bisnis”.  Mendengar jawaban ini, saya sangat bahagia, paling tidak anak pertama saya ini sudah memiliki planning dan GOAL dalam hidupnya.  “Gimana kaos distronya..??”  tanya saya. belum sempat dia jawab, langsung aja tawarkan, “gimana kalau besok kamu mulai bisnis kaos distro.?”,  langsung aja di jawab, “siapa takut..??”

Keesokan hari nya kami hunting mencari supplier kaos distro  yang lumayan bagus dan pas buat target marketnya. semua urusan brand, logo dan design logo saya serahkan ke anak sulung saya ini. saya hanya mengarahkan bagaimana cara memasarkan yang mudah, cepat dan gak butuh biaya banyak. Singkat cerita,Dalam tempo 1 minggu jadilah web bisnis anak pertama saya : www.secondskin-distro.com . Dan Alhamdulillah, baru 1 minggu ini omzet nya sudah Rp.500.000. mudah-mudah akan meningkat terus

Paling tidak, saya bisa menjadikan ini sebagai sarana latihan bisnis Reza, anak sulung saya. sehingga kelak dia akan matang dengan kemampuan bisnisnya yang terus berkembang dengan sendirinya.

Kemudian gimana dengan Kiky, anak  ke 2 saya..?

Setelah melihat kakaknya sibuk dengan kegiatan barunya, mem foto produk, kemudian edit dgn photo shop, dan seterusnya….. dia cuman bilang ” kiky gak mau bisnis kaos, ribet moto-motonya….”  saya jawab, “abis kiky mau bisnis apa..?? ” dengan enteng dia jawab ” ntar deh kiky pikirin lagi mau bisnis apa, yang penting kiky mau jadi pengusaha. enak… gak di suruh-suruh orang, bisa nggaji orang, dan banyak temen kaya’ papa…”

Sampai sekarang  saya masih menunggu dia datang lagi pada saya, untuk  mengajukan ide bisnisnya.

Yang saya lakukan sebagai orang tua hanya memberikan support, semangat serta nasihat. mereka mau jadi apa atau mereka mau bisnis apa, itu terserah mereka. Paling tidak saya sudah memberikan sedikit warna kehidupan tentang dunia usaha di kehidupan mereka.

Semoga apa yang mereka cita-cita kan untuk menjadi pengusaha yang suksesmulia bisa tercapai….Amiiin.

Depok, 9 Maret 2012 – 11.11