Cuma dari Sebuah Lap Top…

Hari selasa, 28 Februari 2012 kemarin saya ke Bandung bareng Muadzin untuk signing perjanjian kerja sama dengan pemegang Master Frachise salah 1 produk Pop Corn asal America.

Berangkat dari Depok sekitar jam 08.00 dan tiba di bandung jam 10.30. Tiba di Bandung saya langsung ke tujuan pertama, Markas nya C59, salah 1 merk kaos yang dulu pernah menjadi trend setter dan Leader nya Kaos di Indonesia. Sayang , Oom Wied dan Bu Maria Sang Pemilik nya gak ada, karena harus menemani rombongan tamu di pabrik nya di Cigadung. Jadi yaaa, kita langsung menuju ke BIP mall untuk bertemu dengan Pak Azis, yang merupakan Master Frachise salah 1 produk Pop Corn asal America. Dan tanpa menunggu lama, akhirnya saya ketemu dengan pak Azis. Sambil menunggu crew Semerbakcoffee mensetting Automated Coffee Vending Machine di outlet popcorn nya, kita ngobrol sejenak mengenai bisnis kita masing-masing.

Sejak awal bertemu dengan Pak Azis waktu saya diminta mengisi acara Indosat di Hotel Horizon Bandung, yang kebetulan, Beliau juga adalah salah 1 petinggi Indosat wilayah Jawa Barat. Saat itu, beliau bicara bahwa memiliki sekitar 20 an outlet. Dan terus terang, saya pun menaggapi nya dengan dingin, karena saya pikir, gimana mungkin sih, status masih karyawan, tapi bisa menghandle 20 an outlet secara bersamaan..??

Tapi pikiran dan pendapat saya itu hilang dan  sirna semua dalam sekejap saat saya,muadzin dan Pak Azis berdiskusi kemarin di salah 1 cafe di BIP mall.  di situ Pak Azis memperlihatkan ke saya, sebuah system controll, pembukuan dan pelaporan dari tiap outlet dari sebuah lap top kecil…

Ya, dari sebuah lap top, Pak Aziz bisa mengendalikan dan memonitor semua outletnya yang jumlah nya 20an itu…Gila saya bilang…!!! gimana bisa..??  gimana bisa Pak Azis memonitor penjualan, stok dll dari semua outletnya yang banyak itu secara up to date hari per hari bahkan bisa jam per jam…???

Sedemikian penasarannya, saya terus  “maksa” pak Azis dengan systemnya itu…dan akhirnya pak Azis pun, membuka lap top nya dan menunjukkan system nya, bahkan langsung demo. dan Subhanallah…..ternyata benar, saya lihat dengan mata dan kepala sendiri, Pak Azis bisa mendapatkan data penjualan, stok dll nya dari semua outletnya secara real time dengan cara yang begitu simple dan mudah sekali…..

Buat saya, untuk Semerbakcofee Sytem ini sudah memotong hampir separuh dari pekerjaan  sebagai bisnis owner dan bisa memantau semua pergerakan penjualan dari 380 outlet (kalau semua dipasangin system ini lho…. )  secara real time hanya dari 1 laptop kecil bahkan tab dari seluruh belahan dunia manapun.

Inilah memang yang saya butuhkan…. Dan akhirnya saya dan muadzin memutuskan untuk menggunakan system ini dan siap kita pasang di outlet semerbakcoffee yang sudah berjalan bahkan akan kita jadikan sebagai satu bagian dari SOP / paket usaha Semerbakcoffee.

Semoga dengan adanya system ini bisa membantu para mitra Semerbakcoffee untuk memantau,mengontroll, dan mengetahui penjualan  outletnya dengan lebih maksimal lagi, bahkan secara real time, tanpa harus meninggal kan meja kantor ataupun rumah.

untuk 380 mitra Semerbakcoffee di seluruh indonesia, nantikan ya system baru kita ini…??

Semoga semua bisa berjalan lancar sesuai dengan rencana saya dan muadzin …..

mohon doanya…

Depok, 29 Februari 2012 – 07.51