Lezatnya Tao Kae Noi

Tao Kae Noi, yang ternyata adalah bahasa Thailand, yang kurang lebih artinya adalah “Pengusaha Muda”. Dan memang film ini merupakan kisah nyata dari pemilik usaha rumput laut Tao Kae Noi tersebut, Aithipat Kulapongvanich. Gak percaya..?? lihat aja di websitenya Tao Kae Noi.

Film ini sangat banyak menginspirasi karena memang tidak banyak film yang mengisahkan bagaimana orang bersusah payah berjuang dari nol menuju sukses, bisa disebut Film ini memang Film nya para entrepreneur sejati.

Ada beberapa catatan yang mungkin bisa saya share dari film yang mengisahkan tentang seorang pemuda beruisa 19 tahun bernama Aithipat Kulapongvanich atau yang biasa dipanggil Top. Yaitu :

1.    FOCUS
Ittipat atau yang biasa dipanggil Top, mempunyai hobby bermain game online. Dari hobinya ini ia berhasil mengumpulkan uang yang sangat besar hingga ia dapat membeli sebuah mobil untuk dirinya sendiri. Namun karena hobinya itu pula, maka ia tidak fokus dengan pendidikannya. Ditolak di Universitas Negeri dan bahkan di Drop Out dari universitas tempat ia kuliah.

Dalam bisnis pun begitu, kita harus focus. Karena dengan focus kita akan lebih maksimal.coba lihat sinar matahari,apa bisa membakar secarik kertas..? tapi bagaimana jika kita gunakan kaca pembesar sebagai alat Focus nya, apa yang terjadi dengan kertas tersebut..?? pasti terbakar kan..?? itulah FOCUS

2.    PASSION
Top membuktikan bahwa passion yang dapat membawanya kea rah kesuksesan. Ketika semua orang menyuruhnya untuk fokus belajar, namun karena passion nya dia ada di dunia game dan berjualan, maka ia tetap melakukan apa yang ia sukai.

Berbisnislah sesuai dengan PASSION yang ada pada diri kita.

3.    PANTANG MENYERAH
tercatat beberapa kali Top mengalami kegagalan dan penipuan, namun ia tidak menyerah dan terus berusaha. Dan Suatu ketika ia berada didalam mobil bersama ayahnya dan baru saja ditipu oleh seseorang, ayahnya berkata ” Berjualan itu tidak semudah bermain game. Welcome to the real world” . Dan ternyata kegagalan itu semua ternyata membuat Ia menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan selalu mencoba sampai akhirnya meraih impiannya.

Dalam Bisnis, Gagal , jatuh itu biasa, jangan cengeng….jadikan itu semua sebagai obat dan vitamin agar terus maju. Ingat, “orang yang hebat bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tapi orang yang hebat adalah orang selalu bangkit dari kegagalan”

4.    BERANI
Tidak banyak orang yang memiliki mental seberani Top. Hutang kepada pihak bank untuk memulai usaha, berani mengambil keputusan untuk membeli mesin-mesin yang harganya mahal. Keberanian ini merupakan salah satu kunci terbesar dalam meraih kesuksesan.
Tapi bukan berarti saya menganjurkan untuk Berhutang di Bank lho…..Bahkan Semerbakcoffee pun tidak memiliki utang sama sekali di Bank.

Berani ini maksudnya adalah Berani untuk Cepat mengambil keputusan, Berani untuk Action, Berani untuk Bertindak, Berani untuk Sukses dan Berani juga untuk Gagal. Setuju..??

5.    PENGORBANAN
Setidaknya ada 3 hal yang dikorbankan oleh Top untuk mencapai kesuksesan, yaitu Sekolah, Cinta, dan Keluarga. Ia harus keluar dari sekolah untuk membantuk pamannya berjualan kacang yang mulai digemari konsumen. Ia harus bertengkar dan akhirnya putus dengan pacarnya setelah pacarnya tidak menyetujui keinginan Top untuk keluar dari sekolah. Dan ia harus berpisah dengan kedua orang tuanya yang pindah ke China untuk menjadikan impiannya menjadi nyata.

Di Bisnis pun sama, banyak pengorbanan yang terkadang memang harus kita pertaruhkan.apalagi untuk yang masih merasa nyaman berada di “Comfortable Zone”. Kesuksesan itu memang butuh Pengorbanan….

6.    TEKUN
Dalam film ini sangat terlihat bagaimana ketekunannya dalam membuka usaha. Tidak malu untuk bertanya, melakukan observasi di lapangan, bahkan demi mencapai impiannya Ia rela untuk mengangkat karung, mengecat plafon. Ketekunannya untuk mengejar mimpi sangatlah luar biasa

Bersambung ke Lezatnya Tao Kae Noi Jilid 2