Bisnis:Gengsi & Pengakuan bukanlah segalanya…

Pengakuan

Pengakuan

“Jangan berbisnis hanya untuk gengsi dan pengakuan dari orang, tapi berbisnilah karena memang kita menyukainya” itulah pesan dari salah 1 coach saya. Dan kesalahan itupula yang saya lakukan dahulu. Dulu, saya dengan begitu bangga nya saya menunjukkan ke semua orang  4 bisnis saya, dan akan terlihat saya seolah seorang yang yang kaya raya dan jago berbisnis krn memiliki 4 bisnis yang berlainan sekaligus dan semua saya jalankan sendiri.

Padahal……ke 4 bisnis itu tidak ada yang maksimal, semua jalan di tempat. Tapi  saya bangga bisa memiliki Gengsi dan pengakuan dari banyak orang, teman dan kerabat. Meski itu semua semu….

Saya juga pernah melakukan kesalahan dengan mengakui usaha orang lain sebagai milik saya, meski saya ikut membesarkan usaha tersebut, meski sebenarnya bukanlah hak saya untuk mengklaim bahwa itu adalah milik saya. Itu adalah milik Orang lain, dan saya hanya membantu mengembangkan.

Pengakuan…itulah yang kadang di salah artikan oleh beberapa orang. Mengakui ke semua orang yang ditemui bahwa bisnis orang lain sebagai miliknya, mengaku ikut mengembangkan meski hanya ikut dibelakang waktu…

Itu semua dilakukan hanya untuk menaikkan gengsi, kepercaaan diri, dan kesetaraan diri karena memang malu atau minder belum memiliki bisnis yang besar dan hebat di lingkungan atau komunitasnya.

Dan saya yakin, ini masih banyak terjadi di sekitar kita…

Tapi Alhamdulillah, setelah mendengar pesan di tadi, saya jadi serasa di tampar bolak balik dengan sandal jepit..dan akhirnya sadar, bahwa semua itu tidak boleh kita lakukan. Kita harus  focus ke 1 bidang atau keahlian, agar semua orang tahu, bahwa kita memang expert di bidang itu.

Jadi Jika Anda ingin memulai bisnis, berangkatlah dari niat awal menyukai,ingin menjadikan sebagai sumber kehidupan. Bukan hanya untuk sekedar gengsi, Bahwa saya sudah punya bisnis, tidak kalah dengan yang lain..

Juga Bangga lah dengan apa yang Anda raih dari bisnis Kita sendiri, meski sekecil apa pun itu…

Jangan pernah  bangga apalagi mengakui bisnis orang lain itu adalah milik Kita…karena itu adalah kebahagiaan yang semu….

Bangun Bisnis Kita sendiri…!!

Jika Ingin sukses di bisnis Kita, Maka Kita pun harus Ahli di bidang bisnis kita, bukan sekedar “pengakuan”…

Jika Kita ber bisnis Ice cream, Kita pasti ahli membuat ice cream,

Jika Kita ber berbisnis IT, Kita pun pasti ahli dalam bidang IT,

JIka Kita ber bisnis mie ayam, Kita pun pasti ahli membuat mie ayam..dan seterusnya..

Jika kita ber bisnis kopi, tapi kita tidak tahu bahan baku nya bahkan tidak tahu bagaimana caranya membuat kopinya… apakah kita bisa sukses..?? Jangka pendek iya bisa…tapi tidak untuk jangka panjang…

Moga Berguna….

Depok, 23 October 2011 – 15.42