Juragan Kopi belum jadi…

Semerbakcoffee Roasted Beans

Semerbakcoffee Roasted Beans

Beberapa minggu yang lalu saya dan rekan saya muadzin “berguru” ke salah 1 pakar kopi yang  menurut saya adalah salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia…karena disamping menguasai kopi beliau juga mengantogi sertifikasi untuk coffee tester yang dikeluarkan oleh Asosiasi kopi Resmi dunia yang ada  di Jerman. Beliau sempat berujar “banyak sekali saat ini orang yang mengaku ahli kopi bahkan juragan kopi, tapi belum mengetahui sedikitpun mengenai seluk beluk mengenai kopi…” “Jangan mengaku pebisnis kopi kalau belum memiliki mesin Roasted Beans”.

Mendengar hal ini, saya dan muadzin serasa di gampar dengan sandal jepit bolak balik…aduuuuh sakitnya…..Saya dan muadzin yang selama ini sudah merasa seperti katak dalam tempurung..eh sekarang merasa menjadi anak katak  dalam tempurung kuadrat dalam masalah kopi, belum pantas di sebut pengusaha kopi, apalagi di sebut sebagai Juragan Kopi….ya memang kami adalah Juragan kopi yang belum Jadi….

Tapi dari sinilah saya saya banyak mengucapkan Puji syukur Alhamdulillah…Inilah Rejeki,inilah Kemudahan jalan yang di tunjukkan oleh ALLAH SWT kepada saya. Saya bisa berguru langsung ke master nya Kopi di Indonesia..membuat saya sadar bahwa kami ini belum apa apa..

Dari Beliaulah kami di berikan banyak pelajaran mengenai kopi, bagaimana “menggoreng” kopi yang benar agar menghasilkan taste yang sesuai dengan permintaan pelanggan,bagaimana masuk ke dunia kopi dan peluang apa yang masih bisa kita raih di bisnis kopi…Gile beneerr

Dan Alhamdulillah..mulai hari rabu, 5 Oktober 2011 kemarin, mesin roasted bean yang semerbakcoffee beli sudah datang. Dan itu berarti, inilah langkah pertama saya dan muadzin untuk mulai belajar menjadi “Juragan Kopi” beneran….gak Cuma Asal men Cap diri.

Dari sini, kami bisa mulai belajar bagaimana memilih biji kopi yang benar-benar berkwalitas, membedakan kopi berdasarkan grade 1,2,3 dst nya, bagaimana “menggoreng” yang benar, bagaimana melakukan perlakuan storage antar Green beans, Roasted beans dan Ground Beans…, membedakan kopi berdasarkan geografis nya…

Mudah-mudahan biaya investasi yang tidak sedikit yang sudah saya dan muadzin keluarkan untuk membeli mesin ini bisa terbayarkan dengan ilmu yang saya dapatkan dan hasil dari pengembangan bisnis yang akan kita lakukan. Dan saya akan menjadi Juragan Kopi yang sesungguhnya..

Depok, 7 Oktober 2011 – 17.50