Apakah bentuk produk bisa mengubah fungsi dan pasar ?

SemerbakCoffee dibuat dari bahan berkualitas nomor 1

SemerbakCoffee dibuat dari bahan berkualitas nomor 1

Ketika Suatu brand di Amerika meluncurkan kopi yang bermutu tinggi, brand tsb tahu bahwa mereka sedang berjuang melawan citra kopi basi, tidak menarik yang di hidangkan dalam cangkir keramik putih retak.( tidak usah saya sebutkan brand apakah itu, karena saya yakin Anda semua pasti tau kan..? ) Mereka mengahapus kesan lama dan membangun reputasi berupa sederetan kopi eksotik bermutu tinggi, yang sebagian besar adalah berasal dari Negeri Kita, Indonesia, dan Minuman kopi ini di hidangkan dalam 3 ukuran berbeda. Bentuk ini memberikan identitas baru pada produk lama dan mengubah kebiasaan minum kopi dalam waktu yang singkat.

Dari sini sudah bisa dilihat, bahwa brand tersebut sudah melakukan perubahan fungsi minuman. Kopi dalam berbagai bentuk masih merupakan minuman social, tetapi variasi dari campuran dan suasana tempat yang di tawarkan menambah peluang untuk meningkatkan unsur kemewahan saat menghabiskan kopi atau saat berdiskusi dengan teman-teman kita disana.

Dibawah bendera Brand tersebut, kopi sekarang lebih dari sekedar cairan kafein. Kopi sudah menjadi minuman mewah yang di sukai orang kebanyakan dan juga kaum elit. Kopi dipercaya bahwa, seperti minuman anggur yang baik, dapat membuat diskusi lebih mendalam di antara mereka yang meminumnya. Orang juga dapat menghabiskan banyak uang membeli Produk Brand tersebut, yang akan membuat mereka betah dan menghabiskan waktunya lebih lama hanya untuk meminum secangkir kopi.

Akhirnya…Bentuk produk mengubah fungsinya juga pasarnya. Dengan mengusung aroma yang berkwalitas, semakin tinggi harga produk brand tersebut, akan semakin meningkatkan citra brand itu sendiri, dan banyak brand-brand lain yang mengikutinya. Hal ini sudah mendorong kopi dari minuman harian saat bekerja menjadi barang mewah yang menyenangkan untuk di bahas seperti juga pengalaman kita saat meminumnya.

Begitu juga apa yang dilakukan Semerbakcoffee saat ini….

Depok, 7 September 2011 – 07.00